Cara jadi Profesional Level Dunia

Ibu Silvana Wasitova adalah teladan bagi profesional Indonesia.

Besar di Indonesia, Bu Silvana pernah jadi Project Manager & Agile Coach di Silicon Valley & Eropa. Silahkan baca Linkedin Bu Silvana untuk lebih detailnya.

Apa kunci pencapaian Bu Silvana? Tidak lain dan tidak bukan adalah belajar. Lebih tepatnya, belajar tiada henti.

Okay. The devil is in the details, maka pertanyaan berikutnya: seperti apa metode belajar seperti yang efektif?

Hanya Satu: Praktik Langsung

Teknik belajar yang efektif adalah pratik langsung. Membaca buku bisa membantu orang mendapatkan ide. Tapi ide akan menguap jika tidak dipraktikkan.

Mempraktikkan ide-ide baru akan lebih mudah jika didampingi oleh coach. Ada banyak konteks & nuansa di lapangan yang terlewat oleh buku–sebagus apapun bukunya. Di situlah pentingnya peran konsultan eksternal atau peran manajer yang juga seorang coach.

Studi Kasus

Mungkin ada yang menduga pendapat Bu Silvana di atas cukup bias. Karena profesi beliau sekarang sebagai Entreprise Agile Coach.

Jika kamu salah satunya, izinkan saya bercerita tentang Toastmaster.

Toastmaster adalah sebuah klub non-profit yang didirikan untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anggotanya. Kamu bisa mencari klub Toastmaster terdekat, lalu rutin mengikuti pertemuan mereka 1 atau 2 minggu sekali.

Di setiap pertemuan, yang biasanya berisi belasan orang, akan ada sesi pidato yang bisa kamu ikuti. Ada sesi pidato yang disiapkan, maupun pidato dadakan. Jangan khawatir karena seburuk apapun pidato kamu, kamu akan tetap mendapat tepuk tangan dan apresiasi. Selesai pidato, seluruh peserta akan memberikan penilaian dan masukan di secarik kertas tanpa nama (anonim).

Jika kamu memberikan pidato yang disiapkan, akan ada sesi pidato lanjutan dari seseorang yang berisi evaluasi khusus atas pidato kamu. Hal-hal yang baik akan disebutkan, juga hal-hal yang bisa diperbaiki untuk pidato-pidato kamu berikutnya. Pidato evaluasi tersebut juga dinilai secara anonim oleh seluruh peserta.

Baru satu bulan ikut Toastmaster, saya bisa memahami pentingnya coach dalam peningkatan kapasitas diri. Jika kita berkerja sendiri, mata kita akan tertutup dari kekurangan kita. Kekurangan yang hanya bisa dilihat oleh orang yang lebih berpengalaman.

Jadi, apa cara jadi profesional level dunia? Belajar.

Apa cara terbaik untuk belajar? Praktik langsung sembari didampingi coach.

Sebagaimana yang Ibu Silvana Wasitova telah buktikan.

Tonton wawancara Bu Silvana berikut ini:

Product Manager dari Learn.AgileCampus.org